Sunday, July 03, 2005

Pink Floyd at Live8

Hyde Park, London, 2 July 2005

Hari ini adalah hari spesial di dunia musik karena Bob Geldof 'mengulangi' sukses Live Aid 20 tahun yang lalu dengan Live8 yang serentak dipentaskan di kota-kota besar di penjuru dunia (di antaranya London, Paris, Berlin, Rome, Moscow, Tokyo, Philadelphia). Konser di London (Hyde Park) disiarkan live oleh BBC (untuk Eropa barat) dan beberapa stasiun tv lain di seluruh dunia. Konser di London ini adalah yang paling meriah, dengan sekumpulan artis terkenal terlibat di dalamnya. Sebutlah nama U2, Coldplay, Dido, Madonna, Robbie Williams, The Who, Mariah Carey, Elton John, Sting, Paul McCartney. Dan tentunya salah satu pelopor progressive rock..Pink Floyd!

Konser Live8 ini adalah konser reuni PF dengan formasi paling sukses mereka, David Gilmour, Rick Wright, Roger Waters, dan Nick Mason. Penampilan PF dibuka dengan kalem dan suasana panggung yang agak remang2..dengan Breathe. Kelihatan bahwa mereka sudah mulai tua, tapi tetap mantap. Vokal David Gilmour masih powerful dan Roger Waters masih tetap ekspresif dengan basnya.

Setelah Breathe, Roger hanya teriak "Thank you" dan lalu terdengar...cring...cekrek...cring..cekrek...Money!!! Di lagu ini terasa bahwa Breathe jadi semacam pemanasan untuk mereka. Money yang energik dan speedy menunjukkan kepiawaian sesungguhnya dari PF. Dari solo gitar David Gilmour yang khas menyengat, dan gebukan Nick Mason yang mantap, bisa dinikmati kembali setelah sekian tahun lamanya.Sepanjang 2 lagu pertama ini latar belakang panggung dibuat seirama dengan tema DSOTM, dengan gambar plat berlogo DSOTM yang berputar dan lampu-lampu dengan warna pelangi.

Seusai Money, Roger sempat ngomong agak panjang tentang Syd Barret. Dan sambil menenteng gitar akustik, mulai intro akustik terkenal PF...Wish You Were Here. David Gilmour masih lincah dengan solo2 akustiknya di lagu ini, ditimpali juga dengan menyanyikan nada gitarnya.

Lagu penutup sesi PF adalah Comfortably Numb, dengan kombinasi vokal antara Roger Waters dan David Gilmour, dibantu juga dengan 1 backing vocal cewek. Pada lagu ini latar belakang panggung menjadi tembok putih (cover album The Wall) dengan tulisan merah darah 'Make Poverty History', sesuai slogan Live8.

Udah..setelah itu Live8 ditutup oleh Sir Paul McCartney. Puas sekali rasanya bisa melihat PF live dengan formasi lengkap. Mudah2an ini bisa menjadi awal proses reuni mereka. Seperti salah satu poster yang dibawa pentonton:Pink Floyd reunites in Hyde Park, the pigs have flown!

No comments: